PENERAPAN TATA KELOLA BPR GARUT TH. 2018


SELF ASSESSMENT GCG


PENDAHULUAN

Dalam rangka meningkatkan kinerja BPR, melindungi kepentingan Stakeholder, dan meningkatkan kepatuhan terhadap peraturan terhadap perundang-undangan yang berlaku serta nilai-nilai etika yang berlaku umum pada industri perbankan, maka BPR diwajibkan untuk melaksanakan kegiatan usahanya dengan berpedoman pada prinsip Good Corporate Governance (GCG) yang meliputi 5 (lima) pilar utama yaitu Transparansi (Transparency), Akuntabilitas (Akuntability), Pertanggungjawaban (Responsibility), Independensi (Independency), dan Kewajaran (Fairness).

Manajemen PD. BPR Garut menilai bahwa Good Corporate Governance (GCG) sudah saatnya untuk dilaksanakan di lingkungan Bank ini mengingat bahwa BPR sebagai salah satu industri perbankan dan sebagai lembaga intermediasi sektor keuangan memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan perekonomian di Daerah khususnya di Kabupaten Garut.

Pelaksanaan penerapan prinsip Good Corporate Governance (GCG) di PD. BPR Garut mengacu kepada Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 04/POJK.03/2015 Tentang Penerapan Tata Kelola bagi Bank Perkreditan Rakyat dan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 5/SEOJK.03/2016 Tentang Penerapan Tata Kelola Bagi Bank Perkreditan Rakyat.

PD. BPR Garut berkomitmen melaksanakan dan menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) dalam setiap kegiatan usahanya pada seluruh tingkatan dan jenjang organisasi.